Friday, July 5, 2013

Mengenal Tipe Soal Fisika(2)


2. Tipe Dasar

Tipe Dasar, tipe ini adalah tipe soal yang menanyakan salah satu variabel dari seluruh variabel yang terkandung di dalam satu rumus, sedangkan variabel yang lain telah diketahui nilainya. Tipe ini dikategorikan soal yang sangat mudah, sebab biasanya digunakan sebagai soal contoh. Soal contoh biasanya dijadikan sebagai alat untuk memperkenalkan penerapan atau penggunaan variabel-variabel yang terdapat di dalam suatu rumus sekaligus memperkenalkan bagaimana rumus tersebut digunakan, contoh ini diberikan biasanya ketika rumus tersebut baru diperkenalkan. Misalnya pada saat guru sedang menerangkan suatu konsep baru kepada siswanya. Hampir dipastikan bahwa setiap siswa yang sedang mempelajari mata pelajaran fisika mengenal soal Tipe Dasar ini. Karena soal Tipe Dasar digunakan sebagai alat untuk mempertajam pemahaman konsep kuantitatif (hitungan) yang sedang siswa pelajari. Terutama terhadap bagaimana pemahaman suatu konsep kuantitatif dinyatakan dalam bentuk lambang-lambang atau variabel yang bersifat terbuka. Artinya kalimat terbuka tersebut dapat mewakili begitu banyak nilai atau angka yang di dalam fisika dikenal dengan suatu Besaran. Dalam istilah matematika suatu angka atau nilai diwakili oleh sebuah variabel x atau y, biasanya disebut dengan kalimat terbuka. Agar menguasai soal tipe jenis ini yang diperlukan adalah hafal rumus yang digunakan serta memahami variabel-variabel dalam rumus tersebut. Tidak kalah penting tentu penguasaan menggunakan rumus yang sudah dihafal tersebut ditambah ketelitian menghitung dan penguasaan konversi satuan.


    1. Contoh :
Berapa gaya (F) yang diperlukan untuk mempercepat benda bermassa (m) 2 kg agar memiliki percepatan (a) 2 m/s2 ? Dalam contoh soal ini dapat diselesaikan dengan rumus F = m.a, nilai m diketahui, nilai a diketahui, dan ditanya nilai F. Penyelesaiannya :
 .

    1. Contoh :
Sebuah benda memiliki kecepatan awal (vo) 10 m/s, kemudian memperoleh percepatan konstan (a) 2 m/s2. Berapakah kecepatannya (vt) saat benda telah memperoleh percepatan tersebut selama (t) 10 detik? Dalam contoh ini dapat diselesaikan dengan rumus , nilai vo diketahui, nilai a diketahui, nilai t diketahui, dan ditanya vt. Penyelesainya : .

No comments:

Post a Comment