Thursday, July 4, 2013

PERSIAPAN

Disarankan dalam mempelajari Blog ini sesuai dengan urutan Bagian I, II, III, IV, dan V. Jika Anda sedang membaca tulisan ini dan Anda sedang memulai menggunakan dan mengikuti fasilitas ini, maka langkah Anda sudah tepat dalam mengunjungi Blog ini. Dalam tulisan-tulisan berikutnya Anda perlu mengenali sifat dari Bagian II, III, IV, dan V.

Pada Bagian II berisi Kumpulan Rumus Berdasarkan SKL, dalam mempelajari bagian II ini Anda perlu membahas bersama guru atau orang lain yang lebih menguasai konsep fisika setingkat SMA secara keseluruhan. Rumus-rumus dan ringkasan yang ditampilkan di sini merupakan konsep yang terbatas pada SKL dan sifatnya ringkasan belaka, bahkan rumus yang dicantumkan tidak disertai dengan keterangan-keterangan variabelnya. Hal tersebut disengaja, oleh karena itu masih dibutuhkan beberapa penjelasan singkat menyangkut materi yang belum Anda kuasai. Di samping itu barangkali lambang variabel-variabel yang digunakan tidak sama dengan variabel yang digunakan oleh guru Anda atau yang dipakai dalam buku-buku pegangan lain yang Anda gunakan, walaupun perbedaan-perbedaan tersebut seringkali tidak menyebabkan masalah, tetapi yang penting adalah penguasaan atau pemahaman konsepnya. Inilah alasan mengapa seorang guru atau fasilitator yang lebih menguasai materi masih diperlukan. Pada bagian II ini Anda bisa mengenali Standar Kompetensi Lulusan (SKL) di setiap awal nomor urut, setelah itu Anda bisa mengenali rumus yang bisa digunakan dalam konsep SKL pada nomor tersebut. Tidak semua konsep setiap nomor pada SKL memuat rumus. Anda juga tidak boleh memastikan bahwa rumus yang dicantumkan di sini sudah tertuang semua, karena rumus-rumus tersebut hanyalah merupakan prediksi penulis. Jika Anda masih mempunyai waktu disarankan untuk menyempatkan diri membandingkan rumus-rumus yang tercantum di bagian II ini dengan rumus-rumus yang dicantumkan di dalam buku-buku paket/pegangan yang digunakan di sekolah Anda. Jika perlu Anda bisa menambahkan di setiap nomor SKL. Kenalilah variabel-variabel dalam rumus yang tercantum, bila perlu tuliskan secara singkat keterangan dari variabel-variabel tersebut.

Pada Bagian III berisi contoh Soal dan Penyelesaian, di sini disediakan Soal Paket 01 yang berjumlah 40 nomor. Masing-masing nomor telah dijawab di bagian Jawaban Soal Paket 01. Jawaban Soal setiap nomornya disajikan secara singkat, namun demikian tidak sesingkat yang seharusnya dilakukan karena jawaban soal ini sebenarnya masih merupakan contoh, bagaimana cara menjawab soal-soal agar Anda lebih mengerti. Sebisa mungkin Anda harus berlatih cepat dalam menjawab soal tipe pilihan ganda, jika perlu usahakan lebih singkat dari contoh jawaban soal paket 01 ini. Dalam menjawab dengan cara singkat Anda perlu membaca bagaimana cara menghitung lebih efisien pada akhir bagian ini.

Pada Bagian IV berisi tentang Soal Latihan, di langkah ini Anda sudah harus mencoba untuk berani mengerjakan soal-soal yang disediakan dalam paket-paket, dimulai dari paket 02 hingga paket 21. Setiap Paket Soal terdiri dari 40 soal pilihan ganda. Setiap soal sebagian besar telah memiliki kunci jawaban, kunci jawaban setiap nomor soal ditunjukkan oleh tanda titik di akhir option (Pilihan). Kunci jawaban ini sebaiknya Anda gunakan setelah Anda menjawab soal tersebut, sehingga kunci jawaban hanya digunakan untuk mencocokkan antara jawaban Anda dengan kunci tersebut. Dengan demikian manfaatnya lebih berarti dalam proses belajar Anda. Semakin banyak jawaban yang cocok berarti semakin baik kemampuan Anda dalam menghadapi soal, hal ini akan membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan Anda dalam menghadapi soal ujian. Untuk paket 02 hingga paket 21 ini Anda bisa menentukan misalnya 4 nomor setiap hari dan Anda perlu menjadwalkan secara khusus untuk hal ini. Ada baiknya bisa dilakukan diskusi bersama-sama dengan teman, agar dapat bertukar ide atau cara menyelesaikan sehingga semakin Anda bertambah paket ke depan semakin menguasai materi yang tertuang dalam SKL.

Pada Bagian V ini merupakan bagian terakhir, paket ini merupakan paket uji coba yang sebaiknya Anda kerjakan secara pribadi dan tidak dianjurkan berkelompok. Setiap paket dibutuhkan waktu selama 2 jam, jadi luangkanlah waktu untuk mengerjakan satu paket dalam waktu 2 jam. Kemudian setelah Anda selesai menjawab secara keseluruhan, catatlah berapa soal jawaban Anda yang langsung cocok, artinya tidak mengulangi dalam menjawab. Jika Anda berlatih dengan tekun seharusnya jumlah jawaban Anda yang cocok atau benar sekitar 90% atau 36 nomor. Selamat mencoba, tetapi Anda harus sabar karena posting tulisan saya ke depan akan saya sampai sedikit demi sedikit. Terima kasih Anda telah membaca.